Jumat, 02 Juni 2017

Bermain Monopoli Sambil Belajar Biologi

Pengembangan Media Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Biologi

oleh:

Sidik Leo Dhaksinarga (2221150032)



Monopoli, siapa yang tidak mengenalnya? permainan sejuta umat yang menggunakan selembar papan kertas bergambar bangunan, monumen-monumen, kota, negara dan lain sebagainya yang dimainkan menggunakan dadu, kartu, dan pion ini merupakan permainan lawas yang berbasis taktik. Namun pernahkah terlintas dalam pikiran kalian untuk menggunakan monopoli sebagai media pembelajaran berbagai mata pelajaran disekolah dengan menyenangkan?

Nah nah nah! kali ini saya akan menerangkan bagaimana sebuah permainan monopoli dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk pelajaran biologi yang tentunya akan menyenangkan untuk dimainkan namun tidak meninggalkan sisi edukatif.

Biologi, kata ini mungkin sudah tidak asing bagi semua orang. Mulai dari pembelajaran tentang alam, hewan, manusia, organ tubuh, sistem syaraf bahkan hingga sel. Tentu untuk beberapa orang pelajaran ini akan sedikit sulit dipahami karena metode pembelajarn yang serius selalu diterapkan di sekolah-sekolah formal, namun berbeda halnya jika kita belajar dengan cara yang menyenangkan seperti kata orang bermain sambil belajar itu akan mudah untuk dilakukan bagi sebagian besar pelajar di dunia ini. Dengan kata lain, jika kita merasa senang terhadap sesuatu hal pasti hal tersebut akan mudah untuk membekas pada hati dan pikiran kita.

Lantas bagaimana cara bermain monopoli sambil belajar biologi ini?
Pertama tentu kita membutuhkan papan permainan yang sudah di desain sesuai dengan pembelajaran yang ingin kita laksanakan (contoh seperti gambar diatas), lalu kita membutuhkan dadu, kartu yang di dalamnya tertuliskan pertanyaan sesuai pembelajaran yang dilaksanakan (contoh seperti pertanyaan tentang sistem syaraf, pencernaan dan lain sebagainya), lalu uang tiruan yang diganti dengan lembaran kertas kecil yang didalanya berisikan pertanyaan-pertanyaan dan yang terakhir yaitu pion- pion seperti pion berbentuk hewan, manusia, dan bentuk-bentuk organ tubuh. dan yang tak kalah penting adalah adanya penghargaan bagi pemenang entah itu berupa hadiah ataupun nilai.

Cara bermainnya bagaimana?
Untuk bermain permainan ini tidak berbeda jauh dengan bermain monopoli pada umumnya namun yang membedakan adalah dalam kartu dana dan kesempatan didalamnya di tuliskan berbagai pertanyaan yang menyangkut dengan materi pembelajaran biologi, dan  pion yang digunakan pun berbeda dengan pion dalam permainan monopoli pada umumnya.

Langkah-langkah dalam permainan :
1. Siapkan pion dibagian mulai/start
2. Lalu kocok dadu dan langkahkan pion berdasarkan angka yang keluar pada dadu
3. Ketika pion berhenti pada bagian tertentu kita harus menjawab pertanyaan yang ada pada lembaran kertas pertanyaan yang kita miliki, jika berhasil menjawab kita bisa menaruh pion berbentuk organ tubuh sebagai tanda bahwa tempat tersebut adalah kekuasaan kita. Namun jika tidak dapat menjawab pertanyaan yang ada pion kita akan masuk penjara selama 2 putaran permainan atau menjawab pertanyaan yg diajukan oleh lawan bermain.
4. Jika pion berhenti pada bagian dana dan kesempatan kita pun harus bisa menjawab pertanyaan yang ada dan jika dapat menjawab akan mendapatkan berbagai macam tempat, pion, kesempatan melangkah atau lainnya.
5. Pemenang permainan adalah pemain yang mampu menjawab pertanyaan paling banyak dan poin paling banyak dan mendapatkan hadiah tertentu.

Simple bukan? namun menjadi cara yang ampuh dalam melaksanakan pembelajaran dengan permainan yang menyenangkan.

Manfaat yang dapat kita peroleh tentu sangat banyak, dengan cara seperti ini rasa bosan dalam belajar dapat disingkirkan dengan mudah hanya dengan belajar sambil bermain. karena menurut beberapa orang sesuatu hal itu jika dilakukan dengan cara yang menynangkan atau dengan senang hati pasti akan mudah untuk dilakukan. Pemberian hadiah pun akan meningkatkan kemauan untuk belajar karena yang namanya manusia pasti ingin mendapatkan sesuatu atas hal yang ia lakukan.

Tertarik untuk melakukan metode belajar dengan media pemelajaran ini? silahakan berkreasi sesuai imajinasi kalian... selamat mencoba.!

1 komentar: